• SMP ISLAMIC QON
  • Religius, Berkarakter, Berprestasi

SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH WISUDA VIRTUAL

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bismillahirrohmanirrohim

 

Hadlhorotil muhtaromin para alim wal asatidz

Khadrotil kirom Bpk KH. DR. Robbach Ma’sum MM.

Ingkang kawulo mulya aken ibu nyai Hj. Uswatul Mastutik

Yang Kami hormati Bpk DR.Chusaini Mustas M.Pd

Yang Kami hormati Bpk ibu dewan guru SMP Islamic Qon

Yang kami hormati Bpk ibu wali murid SMP ISLAMIC QON

Dan Wisudawan wisudawati yang berbahagia

 

Alhamdulillah puji syukur kehadirot Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat, nikmat dan hidayahnya kepada kita sekalian sehingga pada pagi ini kita bisa melaksanakan wisuda virtual SMP ISLAMIC QON angkatan ke 7 tahun pelajaran 2019 - 2020 dimana ini adalah pertama kalinya kita selenggarakan lantaran situasi yang tidak memungkinkan semoga semua ini tidak mengurangi esensi  bahagia dan bangga anak anak dalam merayakan tamat belajarnya.

Selanjutnya sholawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW.

Bapak Ibu dan Anak-anakku sekalian...
Generasi kalian ini adalah generasi perubahan, dimana sebelumnya masih ada ujian nasional namun siswa yang angkatan tahun ini ujian nasional  ditiadaka. Meski demikian kalian janganlah berkecil hati karena  ujian nasional bukan satu-satunya barometer kesuksesan. Nilai ujian yang baik  tidak bisa menentukan siapa dirimu. Begitu juga nilai ujian yang rendah tidak bisa menghancurkan impian dan  bakatmu, karena masih banyak potensi yang ada dalam diri kalian di luar itu, karena itu ujian itu penting tapi bukan segalanya, "examination is important thing but not everything"

Bapak Ibu,  jauh  sebelum ini  dimana UJIAN NASIONAL masih menjadi salah satu penentu kelulusan siswa, kami dari lembaga SMP ISLAMIC QON pun sudah mempunyai syarat kelulusan secara internal bagi siswanya, disamping syarat kelulusan secara nasional, yang insyaalloh syarat internal ini jauh lebih penting dari segalanya, yaitu bagi siswa kls 9 yang akan menamatkan belajarnya disini ada ujian atau tashih ubudiyah yaitu praktik wudhu dan sholat yang sesuai dengan sunnah nabi menurut hukum dari madzhab Imam Syafi'i. Kami dalam mengantarkan siswa-siswa selalu berpedoman  bagaimana kelak anak-anak ini  mau jadi apa saja ya harus benar wudhu dan sholatny, kelak ketika dewasa mau ditempatkan di mana saja harus benar wudhunya benar sholatnya. Karena ibadah ini adalah merupakan pondasi dasar eksistensi anak-anak lulusan SMP Islamic Qon, bagaimana aktifitas mereka ini bermakna ibadah kepada Allah.

Ujian ini ditashih langsung oleh pengasuh pondok pesantren dan guru penguji serta didampingi atau disaksikan  oleh orang tua …jika ada yang belum sempurna maka harus dijadwal ulang praktik lagi dan mengulang sampai dinyatakan benar oleh penguji  barulah dinyatakan lulus dari SMP ISLAMIC QON.  Semoga ini bisa menjadi bekal dalam meniti kehidupan dunia dan akhirat . Amin…

Kepada Bapak Pengasuh Pondok Pesantren Alqonaah, Bapak Ubaidillah dan Ibu Nyai Hj. Uswatul Mastutik (Ibu Nyai Almaghfurullah KH. M.Syubbanul Khotib) kami sampaikan matur sembah nuwun telah  mentashih siswa-siswi ini dengan telaten, begitu juga kami sampaikan terima kasih  kepada bapak ibu guru penguji kami sampaikan terima kasih dan bapak ibu wali murid atas kerjasama yang baik selama ini.

Dengan demikian Bapak/Ibu tanggung jawab kami sudah selesai, hari ini kami pasrahkan putra puti Bapak/Ibu kepada panjenengan  dimana 3 tahun yang lalu kami telah menerima amanah dari bapak/ibu.  Dalam mengemban amanah ini kami telah lakukan semua yang kami bisa,  dari belajarnya, mengajinya, ibadahnya, dan akhlaknya sampai pada bagaimana adab makan bersama  semua kegiatan di sekolah adalah berbasis pembelajaran. Begitu juga kami berlakukan praktik pembelajaran Leadership yaitu belajar memimpin teman sebayanya   secara bergiliran memimpin dzikir, memimpin yasin tahlil, memimpin istighotsah, memimpin sholawat, dan juga memimpin kedisiplinan dan ketertiban,  melalui program super leader. sehingga dengan bekal yang kami berikan anak-anak tamat dari SMP ISLAMIC QON insya Allah siap menjadi imam.

Demikian Bapak/Ibu apabila kami dalam mengawal putra putri Bpak ibu ada yang kurang sempurna kami atas nama bapak/ibu guru dan atas nama pimpinan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Kepada anak anak perlu kami sampaikan dimanapun kalian melanjutkan sekolah kami berharap semua pembiasaan baik di sekolah ini tetaplah diistiqomahkan. Begitu juga yang yang program tahfidz semoga bisa menjaga hafalannya dan bisa menjadi bekal untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Kepada semuanya tetaplah mewarnai kebaikan dimanapun kalian berada and keep meaner whereever you are. Sukses selalu buat kalian semua…..

Demikian yang dapat kami sampaikan lebih kurangnya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wallohul Muwafiq ila aqwamith thoriq

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Oleh: Dra. Hj. Sholihah

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PEMBELAJARAN DARING MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI BAGI PESERTA DIDIK???

Pandemi wabah covid-19 memberi dampak terhadap banyak bidang, satu diantaranya yang paling terasa adalah bidang pendidikan. Tidak hanya aktivitas keseharian yang berubah, aktivitas bela

03/09/2020 10:32 - Diupload Staff Humas - Dilihat 306 kali
KEUTAMAAN DAN AMALAN SUNNAH BULAN MUHARRAM

Bulan Muharram merupakan salah satu  dari 4 bulan yang dimulyakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT dalam QS. At-Taubah (9) ayat 36 : إ

24/08/2020 13:10 - Diupload Staff Humas - Dilihat 178 kali
VIRTUAL GRADUATION SMP ISLAMIC QON TP 2019 – 2020 Kamis, 17 Juni 2020

Upacara wisuda yang sering dijadikan tonggak sejarah dalam perjalanan pendidikan seseorang ,kini di tahun pelajaran 2019-2020 ini tidak lagi bisa digelar lantaran  pandemi covid 19

16/07/2020 11:20 - Diupload Staff Humas - Dilihat 157 kali