• SMP ISLAMIC QON
  • Religius, Berkarakter, Berprestasi

VIRTUAL GRADUATION SMP ISLAMIC QON TP 2019 – 2020 Kamis, 17 Juni 2020

Upacara wisuda yang sering dijadikan tonggak sejarah dalam perjalanan pendidikan seseorang ,kini di tahun pelajaran 2019-2020 ini tidak lagi bisa digelar lantaran  pandemi covid 19 yang melanda  seluruh penjuru negeri di bumi ini. Dimana kita semua telah dihimbau untuk menghindari kerumunan demi mencegah penyebaran virus tersebut. Lalu bagaimana kita bisa merayakan tamat belajar siswa …inilah tuntutan dari masing masing lembaga bagaimana mereka berkreasi dan  berinovasi.

Ternyata di tengah pandemi seperti ini tidak mampu menyurutkan minat siswa dan lembaga yang ingin menggelar wisuda meski secara virtual , tak terkecuali SMP ISLAMIC QON, Sekolah yang berlokasi di tengah tengah kota GKB itu pada kamis, 18 Juni 2020 telah menunjukkan eksistensi kekreatifannya mengadakan wisuda virtual yang disiarkan langsung di Ravi Chanel, Youtube, dan Zoom. Wisuda kali ini benar benar paling spesial dalam sejarah, tidak ada persembahan bunga, tidak ada rias wajah, dan tidak ada  pakai pakaian cak dan yuk gresik, peserta cukup berkalung  gordon  dan mengikuti acara dari layar kecil …..namun penuh penghayatan dan sarat dengan panjatan doa. 

Sebagai MC pada acara ini adalah Ibu Yuli Mulyaningtias dan Bapak Florizqul Shodiq, yang diikuti oleh 113 siswa lulusan tahun ini, 38 dewan guru dan bergabung pula para pendiri dan pengurus yayasan melalui Zoom dari rumah masing masing  ini berlangsung khidmat. Diantara yang hadir adalah Ibu Nyai Hj Uswatul Mastutik (istri dari Almaghfurlah KH. Subbanul Khotib Alm, pendiri dan pemangku pondok pesantren Alqona’ah), Bpk DR.KH. Robbach Ma’sum,MM. (Pembina yayasan), Bpk DR. H. Chusaini Mustas.M.Pd. (Ketua Yayasan), Bpk H.M. Masyhur S.Kom.M.Si. dan pengurus  yang lain.

Dalam orasinya Bpk DR.KH. Robbach Maksum,MM. dawuh bahwa “Hidup penuh dengan batu sandungan , maka jadikanlah batu sandungan itu sebagai tangga menuju kesuksesan”  dan Bapak DR. H. Chusaini Mustas, M.Pd. dalam sambutanya menyampaikan terima kasih kepada Kepala Sekolah dan jajarannya atas terselenggaranya acara wisuda virtual ini, beliau merasa bangga. Selanjutnya beliau menyebutkan bahwa situasi pandemi seperti ini adalah sejalan dengan tujuan  didirikanya Yayasan Alqona'ah yang mempunyai visi untuk membekali ketauhidan. Jadi jika tauhid sudah tertanam dalam diri siswa siswi SMP ISLAMIC QON ,maka dalam situasi apapun tidak mampu tergoyahkan, dalam sambutan terakhirnya beliau berharap “semoga semuanya mendapat ilmu yang bermanfaat dan  menjadi putra putri yang soleh dan sholihah”

Tak luput juga perlu kita pahami statemen dari  Kepala Sekolah, yaitu Ibu Dra. Sholihah bahwa meski tidak ada ujian nasional siswa siswi tidak boleh berkecil hati  karena “Ujian itu penting tapi bukan segalanya, masih banyak potensi yang ada dalam diri kalian di luar itu” dan beliau berpesan “tetap istiqomahkan pembiasaan yang baik dan  tetaplah mewarnai kebaikan dimanapun berada n keep meaner wherever you are”  Demikian beliau menutup sambutannya.

admin ravi

Racikan acara dalam wisuda virtual ini  diawali dengan iftitah bilfatihah oleh Bapak  KH. Najmul Ilmi, S.Ag, Lc. dilanjut dengan Lagu Indonesia Raya, prosesi wisuda yang menghadirkan satu wakil wisudawan, Yaitu Dio Okta Ardiansyah  untuk menerima wisuda secara simbolis kemudian  sambutan sambutan dari berbagai pihak dan acara dilanjutkan dengan pengumuman lulusan terbaik, orasi ilmiah, dan pemutaran video persembahan siswa kemudian dirangkai dengan acara interaktif menyapa  para wisudawan dan wali kelas yang dipandu oleh ibu Dwi Ike Kurniawati dan diakhiri dengan  wawancara LIVE dari reporter Ravi Channel Pancen Seru kepada  kepala sekolah. Demikianlah laporan dan ilustrasi singkat virtual graduation SMP ISLAMIC QON.(By-SH)

Oleh: Dra. Hj. Sholihah

                                                                                                17 Juni 2020

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PEMBELAJARAN DARING MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI BAGI PESERTA DIDIK???

Pandemi wabah covid-19 memberi dampak terhadap banyak bidang, satu diantaranya yang paling terasa adalah bidang pendidikan. Tidak hanya aktivitas keseharian yang berubah, aktivitas bela

03/09/2020 10:32 - Diupload Staff Humas - Dilihat 306 kali
KEUTAMAAN DAN AMALAN SUNNAH BULAN MUHARRAM

Bulan Muharram merupakan salah satu  dari 4 bulan yang dimulyakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT dalam QS. At-Taubah (9) ayat 36 : إ

24/08/2020 13:10 - Diupload Staff Humas - Dilihat 178 kali
SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH WISUDA VIRTUAL

Assalamualaikum Wr. Wb. Bismillahirrohmanirrohim   Hadlhorotil muhtaromin para alim wal asatidz Khadrotil kirom Bpk KH. DR. Robbach Ma’sum MM. Ingkang kawulo mulya aken ibu n

16/07/2020 11:10 - Diupload Staff Humas - Dilihat 300 kali