IQON GOT TALENT - AJAK PESERTA DIDIK LEBIH KREATIF DI MASA PANDEMI

Masa pandemi ini membatasi ruang gerak kita semua. Begitupun peserta didik dalam hal belajar dan mengasah bakatnya, dilakukan di rumah melalui pembelajaran jarak jauh. Kita dibatasi untuk tidak berinteraksi dengan orang lain, guna untuk mencegah penyebaran Covid-19. Namun, hal itu tidak mengurangi semangat dalam rangka mengembangkan bakat di dalam diri seorang peserta didik.Untuk itu kita dituntut untuk bisa beradaptasi dan kreatif dengan kondisi saat ini. Satu diantara cara untuk mengasah bakat peserta didik lewat berbagai program misalkan mengadakan lomba unjuk bakat. SMP Islamic Qon berinisiatif untuk membuka kesempatan bagi insan pendidikan khususnya peserta didik agar tetap bisa terus berkarya yaitu dengan mengadakan Iqon Got Talent.

Iqon Got Talent adalah kompetisi dalam menyajikan berbagai bakat peserta didik dari talenta seni tradisional maupun modern, yang dikemas secara kreatif dan menarik melalui media sosial.Misalkan lomba membaca puisi, qiro’ah, dacil, presenter, pidato, story telling, menyanyi, menari, stand up komedi, dll. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk menjadi ajang berkompetisi dan menjadi wadah bagi generasi milenial yang ingin menunjukkan bakatnya dari segala latar belakang bidang ilmu untuk mengembangkan kreativitas dalam menghasilkan karya. Target peserta dalam kegiatan lomba ini adalah pelajar kelas 5 dan 6 dari seluruh sekolah SD/MI yang ada di kota Gresik.

Dengan kondisi sekarang ini, kita tidak bisa melakukan lomba secara offline. Lomba Iqon Got Talent dilakukan secara online dengan memanfaatkan media sosial yaitu Instagram dengan syarat dan ketentuan tertentu. Peserta membuat karya dalam bentuk video dengan durasi maksimal 10 menit. Lomba ini sudah berlangsung sejak tanggal 22 Februari 2021 sampai dengan 10 Maret 2021.  Pengumuman pemenang lomba akan diumumkan pada tanggal 15 Maret 2021. Iqon Got Talent diharapkan dapat menjadi wadah kreativitas untuk berkreasi, berinovasi, dan berkompetisi pada masa pandemi ini untuk pelajar SD/MI yang ada di Gresik. Selain itu untuk menunjukkan bahwa SMP Islamic Qon adalah sekolah yang mengedepankan pendidikan agama sekaligus unggul dalam prestasi akademik maupun non akademik.

Melalui kegiatan Iqon Got Talent kita bisa mengajak peserta didik lebih kreatif meskipun dalam kondisi pandemi, peserta didik tetap bisa berkreasi dan beraktivitas positif dari rumah. Lomba ini juga bisa meningkatkan keahlian anak dalam berkarya, menggali potensi anak agar lebih maju dan berkembang.Bagi peserta yang tertarik untuk mengikuti lomba Iqon Got Talent dapat mengunjungi website sekolah SMP Islamic Qon atau http://bit.ly/JUKNISIQONGOTTALENT untuk panduan dan informasi lengkap. Kami berharap kegiatan ini berjalan dengan lancar dan bermanfaat, untuk itu sisa waktu yang ada dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk menghasilkan karya terbaik kalian. Terima kasih untuk peserta yang telah mengikuti lomba ini. Kami sangat menghargai antusiasme yang telah ditunjukkan dan usaha keras dalam menghasilkan karya terbaik ditengah segala keterbatasan akibat pandemi ini. Salam juara untuk kita semua. Kemenangan bukanlah prioritas utama dalam suatu perlombaan, tapi juga dapat menjadi pengalaman dan motivasi diri – Choirul Tanjung.*

*Izzatul Laila,S.Pd. - Guru B.Indonesia

Komentari Tulisan Ini