You need to enable javaScript to run this app.

Peringatan Hari Sampah Nasional di SMP Islamic Qon: Upaya Produktif Mengatasi Sampah Plastik

  • Selasa, 05 Maret 2024
  • Staff Humas
  • 0 komentar
Peringatan Hari Sampah Nasional di SMP Islamic Qon: Upaya Produktif Mengatasi Sampah Plastik

Rabu, 21 February 2024, SMP Islamic Qon, sebuah sekolah menengah di Gresik, telah mengambil langkah nyata dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai respons terhadap Surat Edaran (SE) Nomor 2 Tahun 2024 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta informasi yang dirilis oleh Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) KLHK, yang mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berfokus pada upaya pencegahan dan penanganan sampah plastik.

Menyadari pentingnya kegiatan ini, SMP Islamic Qon telah merencanakan serangkaian kegiatan produktif yang dilakukan di siang hari setelah sholat Dhuhur, melibatkan partisipasi aktif dari seluruh siswa. Kegiatan ini tidak hanya sekedar peringatan, tetapi juga sebagai sarana edukasi dan aksi nyata dalam mengatasi masalah sampah plastik yang semakin mengkhawatirkan.

Kegiatan di awali dengan sosialisasi oleh Ibu Yuli sebagai koordinator kegiatan P5, kemudian siswa di bagi menjadi 2 kelompok perkelas, ada yang membersihkan ruangan kelas dengan di dampingi oleh guru pengajar pada jam yang sama, dan sebagian membuat pot dari galon bekas.

Salah satu inovasi yang dihadirkan adalah program Sedekah Bunga/Tanaman/Bibit, di mana siswa diajak untuk membawa tanaman atau bibit dari rumah, seperti kangkung, cabe, dan lain-lain, untuk ditanam di lingkungan sekolah. Ini merupakan langkah awal yang signifikan untuk mengajarkan kepada siswa tentang pentingnya melestarikan lingkungan melalui tindakan konkret.

Lebih jauh, kegiatan ini juga melibatkan pembuatan pot bunga dari galon bekas, sebuah inisiatif kreatif yang mengajarkan siswa tentang konsep daur ulang dan pemanfaatan kembali barang-barang yang tidak terpakai. Proses pembuatan pot melibatkan pemotongan galon, penghiasan, penambahan pupuk, dan pemindahan tanaman ke dalam pot baru yang telah dibuat. Kegiatan ini tidak hanya mengurangi jumlah sampah plastik tetapi juga meningkatkan keindahan lingkungan sekolah.

Koordinator kegiatan P5, Ibu Yuli, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program-program P5 sebelumnya yang berfokus pada pengumpulan sampah dan pembuatan kompos. Menurutnya, inisiatif ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan untuk mewujudkan lingkungan belajar yang bersih dan hijau, sekaligus mengajarkan kepada siswa tentang pentingnya pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.

Puncak kegiatan ini ditandai dengan berakhirnya acara pada pukul 15.00, sebelum waktu sholat Ashar, dalam wawancara dengan kepala sekolah SMP Islamuc Al-Qonaah, Ibu Sholihah. Beliau menekankan bahwa peringatan Hari Sampah ini bukan hanya sekedar acara tahunan, melainkan refleksi dari komitmen kolektif sekolah untuk peduli terhadap lingkungan. Ibu Dra.Sholihah berharap, kegiatan hari sampah menunjukkan bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan, karena ini adalah untuk keberlansungan kehidupan di masa mendatang.

Melalui kegiatan ini, SMP Islamic Qon tidak hanya menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan tetapi juga mengambil peran aktif dalam menciptakan solusi kreatif dan produktif untuk mengatasi masalah sampah plastik. Ini adalah contoh nyata dari bagaimana institusi pendidikan dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pencapaian kesepakatan global dalam International Legally Binding Instrument on Plastic Pollution (ILBI) pada tahun 2024, sebagaimana yang dicanangkan oleh KLHK.

Dengan langkah kecil namun berdampak besar ini, SMP Islamic Qon berharap dapat menginspirasi sekolah-sekolah lain untuk mengambil inisiatif serupa, membangun generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademik tetapi juga peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan. Kegiatan ini membuktikan bahwa setiap usaha, tidak peduli seberapa kecil, dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam perjuangan global melawan polusi plastik, menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik untuk generasi sekarang dan yang akan datang.

Oleh: A.Fadhlurrahman

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Dra. Hj. Sholihah

- Kepala Sekolah -

Para pengunjung situs yang berbahagia, kami ucapkan selamat datang di situs SMP ISLAMIC QON GKB GRESIK ini. Bahwasanya kami...

Jadwal Sholat


print-jadwal-sholat

Guru
Semua Guru
Banner
Facebook
Instagram